Berita  

Tingkatkan Budaya Literasi WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Terima Bantuan Buku

Pamekasan,NET88.CO – Literasi adalah kemampuan dalam mengolah dan memahami informasi saat membaca dan menulis. Komponen utama dalam pembentukan budaya literasi adalah kegiatan membaca, menulis dan berpikir kritis. Kemampuan inilah yang terus dibudayakan oleh Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim kepada Warga Binaan dengan disediakannya perpustakaan yang dibuka secara rutin dan terjadwal.

Literasi yang diselenggarakan di ruang perpustakaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim,pada Selasa (31/01/2023).

Dalam hal ini, Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan kembali menerima bantuan buku sebanyak 150 eksemplar dengan berbagai kategori dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim.

BACA JUGA :  37 Warga Binaan Rutan Kelas II B Sumenep Ikuti Sidang TPP

Dan kegiatan diawali dengan pemeriksaan kelengkapan administrasi dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Kasi Binadik Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Rikie Umbaran.

Usai penandatanganan BAST, Kasi Binadik Lapas Narkotika Kelas II A Pa.ekasan, Rokie Umbaran secara simbolis menerima buku dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim.

Perwakilan dari Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim, Sujarwo, S.Sos., M.Si kepada awak media menyampaikan,” Kalau kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Perpusnas RI yang bertujuan untuk meningkatkan budaya baca masyarakat khususnya Warga Binaan di jajaran Pemasyarakatan”.

BACA JUGA :  Lahgun Narkotika, Warga Desa Palasa Rasakan Dinginnya Jeruji Besi

“Kepentingannya dari kegiatan literasi ini sebenarnya untuk meningkatkan budaya baca kepada masyarakat khususnya warga binaan di Lapas/Rutan, ini dasarnya ada MoU antara Perpusnas dengan Kemenkumham yang ditandatangani oleh Bapak Menteri dan Kepala Perpusnas beberapa tahun yang lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi mengucapkan,”
Terima kasih atas bantuan hibah buku yang telah diberikan. Menurutnya, dengan fasilitas buku bacaan yang semakin bervariatif dapat meningkatkan literasi para Warga Binaan Pemasyarakatan”.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim yang telah memberikan bantuan buku bacaan untuk Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim,” Ucapnya

BACA JUGA :  Pendidikan dan Teknologi Akan Jadi Pokok Bahasan pada Forum PTKIN

Masih lanjut Plt. Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, Eddy Junaedi menyampaikan bahwa setiap WBP punya hak untuk mengakses bahan bacaan serta siaran media massa.

“Sejauh ini minat baca WBP kami bisa dibilang cukup baik. Jadi ini tentunya menjadi perhatian besar bagi kami untuk terus meningkatkan minat baca para WBP. Terlebih dengan bertambahnya koleksi buku di perpustakaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim, waktu mereka dapat bermanfaat dengan menghabiskan waktu dengan membaca di perpustakaan,” Pungkasnya.(dewa)