Berita  

Tim PKK Kel Jungcangcang Bersama Tim FRPB Lakukan Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Bencana

Pamekasan, NET88.CO – TIM PKK RT 02/ RW 02 Kelurahan Jungcangcang, Kecamatan Kota Pamekasan menyelenggarakan pelatihan dan simulasi bersama Tim Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) Pamekasan.

Pelatihan dan simulasi padam api akibat kebocoran Gas elpiji yang dikemas dalam agenda rutin pertemuan PKK yang berlangsung pada Senin (09/1/2023) di Kantor Kelurahan Jungcangcang, Pamekasan.

Tampak saat pelatihan, ibu ibu PKK Kelurahan Jungcangcang sangat antusias mengikuti penjelasan dari para relawan FRPB Pamekasan.

Menurut salah satu dari ibu ibu PKK tersebut kepada media mengatakan,” Saya merasa senang akan simulasi sekaligus pelatihan cara memadamkan pada gas elpiji, karena dari kalangan ibu ibu hal seperti itu yang menjadikan kita harus belajar tahu sebab ini sangatlah perlu untuk kita mengetahui. Sehingga ketika saat kita sedang memasak dan kebetulan dirumah tidak orang anggota keluarga maka kita lah yang bisa mengatasi hal itu”.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Temui Pemain Timnas U-20 di Stadion Utama GBK

” Alhamdulillah, pelatihan dan simulasi pada PKK kami sangatlah perlu agar kita sebagai ibu rumah tangga dapat mengatasi ketika hal itu terjadi, dengan harapan kami mampu untuk mengatasi dikala itu terjadi pada kita maka kita bisa memadamkannya,” Ujar peserta dari Ibu ibu PKK.

BACA JUGA :  Rudi Kurniawan Anggota Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang 20 % Anggaran APBD 2023 Untuk Pendidikan

Ditempat yang sama, Budi Cahyono Ketua FRPB Pamekasan menjelaskan,” Pertemuan PKK Kelurahan Jungcangcang ini kami ajak dalam pelatihan dan simulasi cara pemadam kebocoran pada gas, sehingga ibu ibu PKK tidak takut lagi dan tidak panik bila sudah dapati cara caranya dalam pemadam gas yang alami kebocoran”.

Usai mendapat penjelasan,Kata Budi menambahkan, para ibu ibu PKK kemudian melakukan praktek bagaimana cara mengatasi kebakaran dengan alat sederhana dan yang tersedia di setiap rumah .

BACA JUGA :  Kota Pangkalpinang Siap Jadi Tuan Rumah Kejurnas Basket U-15 2023

Adapun alat yang kita pakai diantaranya, karung, kain yang basah serta tehnik memadamkan kebocoran gas pada regulator, Urainya Budi.

Selain itu, pria berkumis yang kerab disapa Budi mengatakan tentang pelayanan Tim ambulans FRPB meliputi dari

  1. Antar jemput pasien
  2. Jenazah
  3. Peminjaman tabung oksigen dan 4. Peminjaman kursi roda, Selasa (10/1/2023)

Dengan pelatihan dan simulasi yang kami selenggarakan bersama dengan Tim PKK Kelurahan Jungcangcang ini dapatnya untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana agar masyarakat tau cara menghindari dan mengamankan dirinya,harapanya.(daris)