Bisnis  

Tanabe Consulting Mengungkap: Sekitar 80% Perusahaan Jepang Memperluas atau Berencana Memperluas Operasi Luar Negeri

• ASEAN adalah wilayah yang paling ditargetkan untuk ekspansi; hampir setengahnya mengharapkan “peningkatan pendapatan dan keuntungan” dalam bisnis luar negeri dalam tiga tahun ke depan.
• Hasil survei “bisnis luar negeri oleh perusahaan Jepang” dirilis

Tanabe Consulting Co., Ltd., sebuah firma konsultan manajemen terkemuka di Jepang (Kantor pusat: Chiyoda-ku, Tokyo, dan Yodogawa-ku, Osaka; Presiden: Takahiko Wakamatsu, selanjutnya disebut Tanabe Consulting), mengumumkan hasil dari “Survei Bisnis Luar Negeri oleh Perusahaan Jepang.” Survei ini dilakukan di antara manajer perusahaan, eksekutif, manajemen senior, dan mereka yang bertanggung jawab atas departemen perencanaan perusahaan di seluruh Jepang. Hasil survei adalah sebagai berikut.

Minat Tinggi pada Ekspansi Luar Negeri: Sekitar 80% perusahaan Jepang merespons positif bahwa mereka saat ini sedang mengembangkan bisnis luar negeri atau ingin melakukannya di masa depan. Ini menunjukkan minat yang kuat pada pengembangan bisnis luar negeri yang sedang berlangsung atau di masa depan.

Image

Wilayah Populer untuk Ekspansi: ASEAN menyumbang jumlah negara dan wilayah terbesar di mana perusahaan Jepang mempertimbangkan atau memperluas operasi luar negeri mereka, yang mencakup sekitar setengah dari total. Sekitar 40% responden menyebutkan “potensi pertumbuhan pasar dan prospek masa depan” sebagai alasan untuk memilih negara atau wilayah tertentu untuk ekspansi.

ImageImage

Pandangan Bisnis yang Positif: Sekitar setengah dari perusahaan Jepang mengharapkan bisnis luar negeri mereka melihat “peningkatan penjualan dan keuntungan” dalam tiga tahun ke depan. Secara spesifik, 49,4% perusahaan mengantisipasi peningkatan penjualan dan keuntungan, sementara hanya 3,1% yang memperkirakan penurunan. Ini menunjukkan bahwa bisnis luar negeri saat ini merupakan penopang utama pertumbuhan bagi perusahaan Jepang.

Image

Pentingnya Potensi Pasar: Lebih dari 40% responden menempatkan pentingnya pada “potensi pertumbuhan pasar dan prospek masa depan” saat memasuki atau memperluas bisnis luar negeri mereka. Alasan paling umum untuk memilih negara dan wilayah untuk ekspansi adalah “potensi pertumbuhan pasar/prospek masa depan” sebesar 41,8%, yang menyoroti pentingnya pasar yang menjanjikan dalam pengambilan keputusan.

Temuan ini menyoroti fokus dan optimisme yang berkembang dari perusahaan Jepang terhadap pasar internasional, terutama di kawasan ASEAN, serta harapan mereka akan hasil bisnis yang positif dalam waktu dekat.

Image

Pandangan dari Konsultan Ahli Tanabe Consulting

Sekitar setengah dari perusahaan yang terlibat dalam bisnis luar negeri mengantisipasi “pertumbuhan pendapatan dan keuntungan” dalam tiga tahun ke depan dan telah memprioritaskan pengembangan pasar baru. Namun, pengamanan dan pelatihan sumber daya manusia global dan khusus yang penting untuk promosi bisnis tetap menjadi tantangan signifikan terlepas dari industri atau ukuran perusahaan.

Menurut “Survei Ekonomi Jangka Pendek Perusahaan di Jepang” yang dirilis oleh Bank of Japan pada Desember 2023, sekitar 70% dari semua perusahaan Jepang melaporkan pandangan yang “tidak begitu baik.” Sebaliknya, sekitar setengah dari perusahaan dalam survei kami melihat prospek bisnis luar negeri mereka sebagai menguntungkan dalam tiga tahun ke depan, dengan hanya 3,1% yang mengharapkan penurunan penjualan dan keuntungan. Ini menunjukkan bahwa bisnis luar negeri dapat menjadi katalisator untuk pertumbuhan lebih lanjut di perusahaan Jepang.

Penulis Laporan

Direktur Tanabe Consulting Co., Ltd

Strategy & Domain Consulting Division and Global Consulting  Koichi Murakami

Tanabe Consulting Co., Ltd

Global Consulting Chief Yuma Kawana

Tanabe Consulting Co., Ltd

Strategy Research Institute Segment & Region Marketing Chief Tang Tang Huang (Creation Support)

Metodologi

Survei ini menerima 203 tanggapan dari manajer perusahaan, eksekutif, manajemen senior, dan individu yang bertanggung jawab atas departemen perencanaan perusahaan di seluruh Jepang. Dilakukan antara 15 Januari 2024 dan 2 Februari 2024, studi ini meliputi peserta dari seluruh Jepang termasuk yang berbasis di kantor luar negeri.

Layanan yang Ditawarkan oleh Tanabe Consulting

Dengan populasi sekitar 130 juta orang, Jepang adalah negara Asia yang aman dan canggih yang menawarkan lingkungan bisnis yang sangat menarik. Di sisi lain, bagi perusahaan asing yang ingin memasuki pasar Jepang, Jepang adalah pasar yang tidak diketahui dengan adat bisnis dan praktik bisnis yang unik. Untuk meluncurkan bisnis di Jepang dengan lancar dan menembus pasar Jepang, penting untuk membangun strategi masuk dan ekspansi pasar berdasarkan pemahaman yang jelas tentang ukuran pasar dan potensi masa depan produk Anda, lanskap persaingan dan diferensiasi dari pesaing, serta model rantai pasokan Anda.

Tanabe Consulting adalah pelopor dalam konsultasi manajemen di Jepang dengan lebih dari 65 tahun sejarah dan pengalaman. Tanabe Consulting dengan pengetahuan menyeluruh tentang lingkungan bisnis Jepang menyediakan dukungan total untuk ekspansi dan pengembangan di pasar Jepang.

1. Analisis Pasar Jepang

Tanabe Consulting yang beroperasi di 10 wilayah di seluruh Jepang dapat menyediakan riset pasar dan informasi yang sangat akurat melalui konsultan yang familiar dengan area terkait.

2. Perencanaan Strategi Masuk

Setelah analisis pasar, kami akan memprioritaskan ekspansi Anda ke pasar Jepang berdasarkan tujuan Anda dan kekuatan serta kompetensi inti perusahaan Anda. Kami menentukan arah masuk, membuat peta jalan, dan memberikan dukungan untuk materialisasi strategi Anda.

3. Dukungan Implementasi Pemasaran

Berdasarkan analisis pasar dan strategi masuk, kami mendukung bisnis Anda di Jepang dengan mengidentifikasi mitra potensial dan menerapkan inisiatif pengembangan situs web dan pemasaran yang efektif di Jepang, memanfaatkan pengalaman dan jaringan konsultasi manajemen nasional selama lebih dari 65 tahun.

4. M&A Lintas Batas

Berdasarkan kontak dan jaringan kami dengan perusahaan-perusahaan di seluruh Jepang yang dikembangkan melalui lebih dari 65 tahun konsultasi manajemen, kami mendukung aliansi modal dengan perusahaan yang sesuai untuk mendapatkan posisi di pasar Jepang.

Tentang Tanabe Consulting Group (TCG)

Didirikan pada tahun 1957, TCG adalah firma konsultasi manajemen terkemuka di Jepang dengan lebih dari 65 tahun sejarah dan pencapaian. Berdasarkan filosofi manajemen “kami mencintai perusahaan, berjalan bersama perusahaan, dan bekerja untuk kemakmuran perusahaan,” yang bertujuan menciptakan nilai bagi masyarakat masa depan.

TCG terutama melayani manajemen puncak (eksekutif dan pemimpin) dari perusahaan besar dan menengah serta organisasi pemerintah dan publik, telah mendukung lebih dari 17.000 perusahaan sejak pendiriannya. Di bidang konsultasi manajemen, TCG telah mengembangkan model konsultasi komprehensif yang menyediakan dukungan untuk manajemen perusahaan dari perumusan strategi (hulu) hingga pelaksanaan dan eksekusi operasi manajemen seperti DX di lapangan (hulu ke hilir) dengan hubungan erat dengan komunitas lokal di seluruh Jepang.

Mengikuti filosofi yang berpusat pada klien “Semua untuk Kesuksesan Klien,” TCG menawarkan “konsultasi tim” di mana beberapa konsultan profesional dipilih untuk membentuk tim yang disesuaikan untuk menangani tantangan manajemen spesifik setiap perusahaan.

vvvv

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES