NEWS  

SMKN 1 Teupah Selatan Gelar Musyawarah Bersama Cabdin Pendidikan Wilayah Simeulue, Tokoh Masyarakat dan Unsur Muspika

SIMEULUE¦¦Net88

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Teupah Selatan gelar musyawarah bersama tokoh masyarakat, unsur muspika kecamatan teupah Selatan, Cabdin Wilayah Simeulue dan Anggota DPRK Simeulue, yang dilaksanakan di gedung SMKN 1 Teupah Selatan, Sabtu, (26/3/2022). Pagi

Sri Asnawiyah Kepala SMKN 1 Teupah Selatan dalam sambutannya mengatakan ” Mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk dapat hadir dalam musyawarah bersama SMKN 1 Teupah Selatan bersama dengan tokoh masyarakat, unsur muspika, cabdin wilayah Simeulue beserta pimpinan dan anggota DPRK Simeulue dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan, Pengembangan dan tindak lanjut SMKN 1 Teupah Selatan.”

Lebih lanjut, Sri Asnawiyah, seperti yang kita ketahui SMKN 1 Teupah Selatan memiliki dua kejuruan yaitu Jurusan Tata Busana dan Kontruksi Kayu. Keberadaan SMKN 1 Teupah Selatan sejak pada tahun 2017 minat untuk masuk ke SMK mulai sedikit peminatnya kesekolah namun para dewan guru SMKN 1 Teupah Selatan sampai dengan saat ini terus berjuang agar SMKN 1 Teupah Selatan tetap berkibar didunia pendidikan.

Sehingga berbagai cara pihak sekolah terus melakukan sosialisasi kemasyarakatan sehingga minset masyarakat terhadap sekolah setelah lulusan dari SMK kemana melanjutkan atau siswa akan melanjutkan atau siswa kita mandiri sesuai dengan skill atau keterampilan yang mereka dapatkan masing-masing selama sekolah.

“SMKN 1 merupakan sekolah kejuruan satu-satunya yang ada di kecamatan teupah Selatan.”

SMKN 1 Teupah Selatan juga telah berapa kali mengikuti ajang kompetisi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) dan siswa kita juga sudah pernah meraih juara dua tingkat provinsi dan juara delapan tingkat nasional dalam lomba Cabinet Making secara daring pada tahun 2020.

Untuk yang akan datang karena ada penataan SMK yang informasi dari Cabdin melalui dinas pendidikan provinsi bahwa nanti jurusan tata busana akan dimerjen digabung dengan sekolah besar yang ada di kecamatan Simeulue Timur.

Untuk itu kami harapkan kepada masyarakat terutama tentang informasi yang disampaikan oleh anak-anak kita bahwa sekolah ini tetap dilanjutkan tetapi mungkin pengembangan dan penataan jurusan merupakan urusan dari dinas pendidikan provinsi.

“Yang kita harapkan tahun-tahun yang akan datang penambahan murid akan bertambah ke sekolah kita.”

Kita juga memohon kepada seluruh masyarakat khususnya di kecamatan teupah Selatan dan semua pihak kiranya dapat mendukung dan mendorong anak-anak kita untuk masuk ke sekolah SMK agar sekolah kita tetap bisa kita pertahankan.

“Agar sekolah SMKN 1 Teupah Selatan ini lebih berlanjut dan berprestasi dimasa mendatang mohon kiranya peran dari pada semua orang tua agar dapat mendorong anaknya untuk masuk ke sekolah SMK, dan memberi pemahaman setelah lulus dari SMK anak-anak kita bisa memilih mandiri dengan keterampilan yang didapat semasa sekolah maupun melanjutkan kejenjang perguruan tinggi.” Pungkas Sri Asnawiyah.

Sementara itu, Al Amin Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah Simeulue dalam arahannya “Artinya agar SMKN 1 Teupah Selatan ini jangan jadi dimerjer ataupun di closed ini semua tergantung dari pada kita semua yang hadir pada acara ini baik unsur sekolah, pimpinan desa apakah kita komitmen atau tidak

Kalau seandainya SMKN 1 Teupah Selatan ini tidak ada perwakilan yang ikut kontes sebagai mewakili provinsi Aceh pada ajang LKS maka sekolah kita sudah ditutup, namun karena ada siswa kita yang mendapatkan juara dua provinsi sehingga diutus menjadi perwakilan provinsi Aceh untuk mengikuti lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat nasional dan mendapat juara delapan, inilah yang menyelamatkan sekolah kita bisa terselamatkan.

Kenapa, inilah penyakit kita sebagai orang tua yang engan menyekolahkan anak kita ke sekolah SMK kenapa, karena tidak keren, mungkin karena pengaruh jurusan hanya ada dua jurusan kontruksi kayu dan busana.

“Mari kita sepakat dan mendorong anak-anak kita untuk masuk ke SMK, agar sekolah kita bisa terselamatkan.”

Di kesempatan itu juga Irwan Suharmi dalam sambutannya juga selaku Ketua DPRK Simeulue menyampaikan dihadapan seluruh peserta musyawarah bersama bahwa DPRK Simeulue akan memberikan surat rekomendasi kepada Dinas Pendidikan Provinsi Aceh untuk mempertahankan SMKN 1 Teupah Selatan.

Pantauan media ini, dalam musyawarah bersama turut hadir Kepala Cabdin Pendidikan Wilayah Simeulue, Kasubbag Cabdin Wilayah Simeulue, Ketua DPRK Simeulue dan Anggota, Babinsa, Para Kepala Mukim, Kepala Desa dan para tamu undangan lain nya

(Helman)

vvvv