Bisnis  

Mengapa Menanam Pohon itu Penting? Ini Alasannya

Menanam pohon memiliki manfaat bagi ekologi. Selain itu, menanam pohon juga merupakan anjuran bagi setiap muslim.

Selain bermanfaat untuk lingkungan, menanam pohon juga menjadi anjuran dari Nabi Muhammad SAW bagi setiap muslim.

Diriwayatkan dari sahabat Jabir RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Tiada seorang muslim yang menanam pohon kecuali apa yang dimakan bernilai sedekah, apa yang dicuri juga bernilai sedekah. Tiada pula seseorang yang mengurangi buah (dari pohon-)nya melainkan akan bernilai sedekah bagi penanamnya sampai hari Kiamat”.

Berikut, alasan mengapa kita harus menanam pohon?

1. Memperbaiki Ekologi 

Pohon-pohon yang ditanam mampu menjaga keseimbangan lingkungan. Pohon tersebut mampu menambah kelembaban dan nutrisi bagi kesuburan tanah, mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan seperti erosi atau abrasi, menjadi habitat baru bagi makhluk hidup untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan mempertahankan keanekaragaman hayati, kita juga turut serta dalam menjaga keseimbangan alam.

2. Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

Pohon memiliki kemampuan untuk menyerap karbon melalui proses fotosintesis. Pohon juga dinilai menjadi salah satu alternatif cara untuk melawan perubahan iklim dunia sebab membantu dalam mengurangi emisi karbon di bumi, menyediakan oksigen, hingga mengurangi dampak dari pemanasan global saat ini.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi Masyarakat

Selain bermanfaat untuk lingkungan, nyatanya pohon juga memberikan dampak bagi bagi sosial dan ekonomi masyarakat. Pohon menjadi sumber kehidupan melalui hasil panen yang dapat dikonsumsi sehari-hari atau dijual. Kayunya yang dapat dijadikan bahan konstruksi lokal hingga buahnya yang dapat dijual sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat.

4. Sedekah Berkelanjutan

Menanam pohon merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW yang dapat menjadi amal jariyah atau sedekah berkelanjutan untuk muslim. Pohon yang ditanam akan memberikan dampak positif bagi lingkungan, sosial, ekonomi masyarakat di sekitarnya. Bahkan, hasil dari pohon itu tetap menjadi sedekah apabila dimakan manusia, burung, hingga ternak.

Saat ini, kita telah memasuki bulan Ramadan, bulan yang penuh amal baik. Ikut berkontribusi dalam upaya penghijauan di bulan ini bukan hanya merupakan amal kebaikan, tetapi juga sebuah investasi untuk masa depan tempat tinggal kita. Menanam pohon juga menjadi amal jariyah untuk kita semua.

Dengan memanfaatkan kesempatan ini, LindungiHutan memiliki sebuah program Sedekah Pohon yang dapat menjadi alternatif cara untuk kamu yang ingin berkontribusi pada pelestarian lingkungan selama Ramadan ini. Secara individu/personal, brand, dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama LindungiHutan untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan. 

Kunjungi laman https://lindungihutan.com/sedekahpohon/ untuk mengetahui informasi selengkapnya.

vvvv

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES