Bisnis  

Lewat Skema CSR, Sinar Mas Dukung Pembangunan Bandara Singkawang

Melintasi tantangan berkat persatuan dan gotong royong melatari komitmen Sinar Mas menautkan program corporate social responsibility-nya dalam pembangunan infrastruktur transportasi di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

“Sinar Mas merasa terhormat dapat turut berkontribusi dalam proyek pembangunan bandara melalui skema CSR. Kami memandangnya sebagai komitmen lintas pihak, dalam hal ini sektor usaha untuk turut berbagi serta bergotong royong bagi kepentingan publik dan bangsa. Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah dalam membangun konektivitas transportasi negeri kita mengedepankan paradigma Indonesia sentris, yang mempersatukan, merata sekaligus mensejahterakan,” kata Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman selepas peresmian bandara yang dilakukan Presiden Joko Widodo di Kelurahan Pangmilang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024).

Pembangunan bandara yang dimulai tahun 2019 ini memanfaatkan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan corporate social responsibility (CSR) para pengusaha lokal Singkawang, yang mendapatkan dukungan dari sejumlah perusahaan swasta nasional, di mana Sinar Mas adalah satu di antaranya, yang berkontribusi lewat skema CSR.

Menurut Presiden Joko Widodo, skema kerja sama yang digunakan dapat dijadikan contoh, dan direplikasi pada daerah-daerah yang lain. “Bandara Singkawang ini dibangun dengan skema KPBU, Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha, dan juga bantuan CSR dari para pengusaha. Saya menyampaikan terima kasih karena jika pola ini bisa kita lakukan di banyak bandara, atau banyak pelabuhan, ini akan mempercepat pembangunan infrastruktur di tanah air kita,” kata Presiden dalam pengantarnya yang antara lain disaksikan pula oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, Penjabat Walikota Singkawang, Sumastro, berikut wakil dari sejumlah perusahaan yang berkontribusi.

Bagi Singkawang yang dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata utama di Kalimantan Barat, menurut Ferry kehadiran bandara akan semakin memperkuat konektivitasnya dengan wilayah lain, bahkan hingga ke luar negeri, sehingga selain potensi wisata, histori, budaya, tradisi juga kuliner yang ada semakin terbuka bagi khalayak luas, juga menghadirkan pula beragam peluang usaha baru. “Di mana pergerakan manusia, barang maupun modal yang lebih efisien dapat mengangkat daya saing wilayah Singkawang khususnya beserta Kalimantan Barat umumnya,” ujarnya.

Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman (kanan) saat peresmian bandara yang dilakukan Presiden Joko Widodo di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024).

vvvv

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES