Berita  

Karnaval Klenteng Hok Tik Bio Libatkan Puluhan Anggota Brimob dan Alugoro Kompi Senapan C

PATI, NET88.CO – Puluhan anggota Brimob dan Alugoro Kompi Senapan C akan dilibatkan dalam prosesi karnaval, sebagai puncak perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2574 yang digelar klenteng Hok Tik Bio Pati, Minggu (22/1). Selain itu, pada pawai yang akan dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, juga akan didukung 600 orang peserta, dari berbagai elemen masyarakat.

Sebanyak 20 anggota Alugoro Kompi Senapan C dan 20 Brimob Pati, Jumat (20/1) terlihat mengikuti gladi bersih di klenteng Hok Til Bio. Mereka memperagakan cara membawa kiyu (tandu). Regu I berjumlah 8 orang, membawa kiu patung Kongco (embah laki-laki).

Dibelakangnya, regu II berjumlah 4 orang, membawa kiyu patung King Hok Bio (dewa bumi) dari klenteng Juwana. Dan regu III, juga 4 orang membawa patung Hok Tik Sin dan Yan Hian Siang Tee (dewa obat) dari Pati.

BACA JUGA :  Dear Jatim Korda Sumenep Lakukan Aksi, Desak Cabut Perbup No 81 Tahun 2021

Tetua klenteng Hok Tik Bio Pati, Edy Siswanto menyatakan jika pelaksanaan karnaval sebagai simbol membuang sial (sengkolo), atau dijauhkan dari bencana. “Mudah-mudahan pawai lancar” ujarnya, Jumat (20/1).

BACA JUGA :  Solidaritas Kicau Mania Situbondo, Gelar Lomba Burung Berkicau Galang Donasi Untuk Mr. Sutar

Sementara itu, koordinator kegiatan perayaan Imlek Hok Tik Bio Pati, Atha S merincikan peserta karnaval. Diawali regu pembawa lambang dan pejabat negara. “Kemudian marching band SD Rajawali Juwana, sanggar Tri Dharma Mekar Teratai Dewa Demi, bendera klenteng, dan barongsai Satya Wadya.

Kemudian drum band Salafiyah Kajen, pakaian adat KKUB Juwana, serta barongsai Naga Emas. Disusul drum band Misbahul Ulum Pasucen Trangkil, dan barongsai Laksa Dharma. Lalu, sanggar tari Tondonegoro, barongsai Dharma Asih, drum band  Groovy dan reog Ponorogo.

BACA JUGA :  Jangan Salah Pilih, Ginting Ungkap Rakyat Adalah Tuan Kita

Atha S menambahkan, pada Sabtu (21/1) malam, jalan Pemuda diupayakan akan ditutup. “Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan membludaknya pengunjung yang mencari hiburan. Pihaknya akan menyajikan hiburan reog dan barongsai. Serta memamerkan aneka cindera mata.(Alwy/@Gus kliwir)