Berita  

HUT Nagan Raya ke 27 Dirangkai dengan Pengobatan Gratis Bagi Warga

Suka Makmue, SIGAP88.NET – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Nagan Raya Ke-21, Hari Otonomi Daerah Ke-27 dan Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya menggelar upacara pengibaran bendera merah putih.

Seperti yang diketahui, HUT Nagan Raya biasanya diperingati pada 10 April setiap tahunnya, namun untuk pelaksanaan peringatan pada tahun 2023 ini diundur pada bulan Mei, hal tersebut dikarenakan masih dalam suasana bulan suci Ramadan.

Meskipun pelaksanaan upacara tersebut sempat tertunda karena hujan, namun upacara peringatan tiga momen itu tetap terlaksana setelah hujan reda yang berlangsung dengan khidmat dan sukses.

Pada upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Nagan Raya pada Senin (8/5/2023) itu, Pj Bupati Fitriany Farhas AP, S.Sos, M.Si yang mengenakan pakaian adat Aceh bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan Danramil 09 Seunagan Timur Lettu Suriar menjadi komandan upacara.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Fitriany Farhas mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pembentukan Kabupaten Nagan Raya, atas jasa dan kerja kerasnya sehingga terbentuk kabupaten yang dicintai dan dibanggakan itu.

“Semoga momentum hari jadi Kabupaten Nagan Raya ini akan semakin meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat juang kita untuk terus membangun dan mengantarkan Kabupaten Nagan Raya sebagai kabupaten yang dapat mandiri, sejahtera, adil dan makmur,” ucap Pj Bupati.

BACA JUGA :  TNI - Polri Kompak !!! Kapolsek Tlogowunggu Rayakan HUT Bhayangkara ke 77

Seiring dengan bergulirnya waktu, lanjut Pj Bupati, tidak terasa Kabupaten Nagan Raya telah menginjak usia 21 tahun, berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002, Kabupaten Nagan Raya resmi menjadi sebuah kabupaten hasil pemekaran dari kabupaten induk Aceh barat.

Sejak dimekarkan 21 tahun silam sampai dengan saat ini, Kabupaten Nagan Raya terus merintis pembangunan di segala bidang agar mampu menjadi sebuah kabupaten yang kondusif, kompetitif, maju dan mandiri.

Perayaan HUT Nagan Raya tahun ini dirayakan dengan mengambil tema “Satukan Langkah, Gerak Bersama Bangun Nagan Raya yang Bermartabat, Mandiri dan Berwibawa”.

“Tema ini hendaknya bukan hanya sebatas retorika dan slogan semata, tetapi juga sebagai motivator bagi masyarakat Nagan Raya untuk dapat bekerja ikhlas dan bertekad kuat untuk membangun daerah tercinta ini ke arah yang lebih baik,” pinta Fitriany.

Selain itu, perempuan nomor satu di Kabupaten Nagan Raya itu juga menyampaikan pidato Menteri Dalam Negeri pada peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 di Makassar beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, bahwa penting melakukan refleksi sejenak, untuk kembali memahami bahwa esensi filosofis dari otonomi daerah adalah desentralisasi kewenangan, agar daerah mencapai kemandirian fiskal, salah satunya dengan menggali potensi sumber daya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), serta memacu percepatan dan pemerataan pembangunan.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Babel Menghadiri Seminar DWG Di Kabupaten Belitung

“Oleh karena itu, pada momentum peringatan Hari Otonomi Daerah tahun 2023 ini, perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak, untuk kembali memahami esensi filosofis dari otonomi daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun,” imbuh Fitriany.

Masih dalam amanatnya, Pj Bupati mengatakan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional, dengan tema “Bergerak Bersama, Semarakkan Merdeka Belajar”. Diketahui, selama tiga tahun terakhir, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah meluncurkan 24 episode merdeka belajar.

“Hal ini bertujuan untuk membawa kita semakin dekat dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara, yaitu mewujudkan pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik, agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” jelas Pj Bupati perempuan satu-satunya di Aceh.

Diakhir amanatnya, Fitriany mendoakan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan kekuatan, memudahkan langkah ke depan dan meridhai segala niat serta memudahkan urusan.

“Sehingga apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita semua dapat segera terwujudkan,” tutur Pj Bupati Fitriany Farhas.

Selesai upacara juga dilakukan penyerahan sertifikat tanah Pusat Perkantoran Suka Makmue dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional yang diwakili Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Nagan Raya Kepada Pj. Bupati Nagan Raya.

BACA JUGA :  Kapolda Gorontalo Gelar Rapat Survey IKM

Kemudian pada kesempatan yang sama, Pj Bupati menyerahkan piagam penghargaan kepada juara MTQ Tunas Ramadan Tingkat Provinsi Aceh peserta Nagan Raya, serta penyerahan juara kegiatan Ramadan Fair Kabupaten Nagan Raya Tahun 2023, penyerahan piagam kepada BPS atas dukungan dan partisipasi dalam pembinaan data statistik sektoral daerah serta pengembangan portal satu data.

Kemudian, penghargaan kepada Dinas Kesehatan atas prestasi Eradiksi Frambusia dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tuberkulosis terbaik Provinsi Aceh tahun 2022, serta piagam penghargaan kepada siswa SDLB.

Selain penyerahan piagam penghargaan itu, dalam momen peringatan HUT Kabupaten Nagan Raya ke-21 juga dilaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di area kantor bupati oleh tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSUD SIM).

Turut hadir dalam upacara tersebut, para tokoh pemekaran Kabupaten Nagan Raya, Pj. Bupati Nagan Raya yang pertama Drs. H.T. Zulkarnaini, unsur Forkopimda, Pj. TP Ketua PKK, Ketua Dekranasda, Sekda, anggota DPRK, Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala SKPK, para Kabag di lingkungan Setdakab Nagan Raya dan Camat yang mengenakan pakaian adat Aceh, dan juga diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/POLRI, para kepala sekolah beserta pelajar SD, SMP dan SMA serta para undangan lainnya.**