Bisnis  

EKSPLORASI BUDIDAYA HINGGA PEMASARAN TANAMAN HERBAL

Dalam era modern ini, pendidikan tinggi tidak hanya membatasi diri pada kelas dan teori belaka. Mahasiswa jurusan Agribisnis di Universitas Katolik Widya Karya mengambil langkah lebih maju dengan meresapi pengalaman praktis dalam budidaya, pengolahan, dan pemasaran tanaman herbal.

Dalam era modern ini, pendidikan tinggi tidak hanya membatasi diri pada kelas dan teori belaka. Mahasiswa jurusan Agribisnis di Universitas Katolik Widya Karya mengambil langkah lebih maju dengan meresapi pengalaman praktis dalam budidaya, pengolahan, dan pemasaran tanaman herbal. Kunjungan ke UPT Laboratorium Herbal menjadi bagian integral dari pembelajaran mereka, membuka pintu wawasan lebih luas tentang potensi dan tantangan di dunia tanaman herbal.

EKSPLORASI BUDIDAYA TANAMAN HERBAL

Mahasiswa Agribisnis memulai perjalanan mereka dengan memahami esensi budidaya tanaman herbal di UPT Laboratorium Herbal. Dengan panduan para ahli, mereka belajar langkah-langkah praktis dalam menanam dan merawat, mulai dari memilih bibit yang berkualitas hingga merawat tanaman sehari-hari. Proses budidaya menjadi landasan utama bagi mahasiswa untuk memahami tantangan yang dihadapi petani dan bagaimana mereka dapat berkontribusi pada keberlanjutan pertanian. Tanaman herbal yang dikembangkan melibatkan berbagai jenis, mulai dari yang memiliki nilai obat hingga tanaman rempah yang biasa digunakan dalam masakan tradisional. Mahasiswa tidak hanya diberi pengetahuan praktis tetapi juga mendapatkan apresiasi mendalam terhadap nilai-nilai keanekaragaman hayati dan kekayaan alam yang dimiliki oleh tanaman herbal.

PROSES PENGOLAHAN TANAMAN HERBAL YANG KREATIF

Setelah memahami langkah-langkah budidaya, mahasiswa Agribisnis terlibat dalam proses pengolahan tanaman herbal. Di UPT Laboratorium Herbal, mereka diajak untuk memahami teknik-teknik pengolahan yang dapat meningkatkan nilai tambah produk. Mulai dari pengeringan, ekstraksi, hingga pembuatan produk olahan seperti minuman herbal, mahasiswa mempraktikkan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Proses pengolahan tidak hanya menjadi tantangan teknis tetapi juga memunculkan kreativitas dalam menciptakan produk-produk inovatif. Mahasiswa belajar untuk mengenali keunikan dan kelebihan setiap tanaman herbal dalam mendukung kesehatan dan kebugaran. Kesadaran akan manfaat kesehatan dari produk herbal menjadi fokus, memotivasi mahasiswa untuk terus mengembangkan produk-produk inovatif yang dapat diterima oleh pasar.

PEMASARAN TANAMAN HERBAL BERBASIS PENGETAHUAN

Image

Bagian penting dari perjalanan ini adalah pemahaman tentang pemasaran produk herbal. Mahasiswa Agribisnis diajak untuk memasuki dunia pemasaran dengan pengetahuan yang kokoh tentang produk yang dihasilkan. Mereka mempelajari strategi pemasaran yang efektif, seperti mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand awareness, dan memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pasar. Pentingnya pemasaran berbasis pengetahuan menjadi sorotan utama, di mana mahasiswa tidak hanya diarahkan untuk menjual produk tetapi juga menjadi duta yang mampu menjelaskan manfaat kesehatan dan keunikan setiap produk kepada konsumen. Dengan pengetahuan yang mereka peroleh, mahasiswa Agribisnis diharapkan dapat menjadi pelaku bisnis yang cerdas dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.

KESIMPULAN

Kunjungan mahasiswa jurusan Agribisnis Universitas Katholik Widya Karya ke UPT Laboratorium Herbal menjadi langkah positif dalam pengembangan pendidikan praktis di Indonesia. Budidaya, pengolahan, dan pemasaran tanaman herbal juga menjadi langkah nyata dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pemimpin di industri pertanian dan agribisnis.Dengan pengetahuan mendalam tentang tanaman herbal dan keterampilan praktis yang diperoleh, mahasiswa Agribisnis dapat menjadi agen perubahan yang membawa inovasi dan keberlanjutan dalam industri pertanian. Universitas Katholik Widya Karya terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh, menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik untuk menciptakan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

vvvv

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES