Bisnis  

Catatan Dahlan Iskan: Anak Desa Jadi ‘Raja’ Pengusaha


Transformasi Dahlan Iskan: Dari Nol Hingga Punya Gurita Bisnis

Dahlan Iskan, seorang tokoh fenomenal yang berhasil membangun kerajaan bisnis dari titik terendah. Dahlan yang semula tumbuh dalam kemiskinan, berhasil mengubah nasibnya dengan kerja keras dan inovasi yang tak kenal lelah. 

Mengapa bisnis yang dulu hampir bangkrut bisa menjadi ratusan cabang dengan omzet miliaran?

Dahlan Iskan adalah contoh nyata dari keberhasilan melalui kerja keras dan inovasi tanpa henti. Lahir di Magetan, Jawa Timur, dalam keluarga miskin, Dahlan harus bekerja sejak kecil untuk membantu keluarganya. 

Doc. Dahlan Iskan - Disway

Dengan etos kerja yang sangat baik, ketika akhirnya dia bekerja menjadi jurnalis di Tempo Surabaya, dia dipercaya jadi kepala biro di sana. Sampai akhirnya tahun 1982, Jawa Pos diakuisisi ketika surat kabar tersebut hampir bangkrut. 

Dahlan yang dipercaya memimpin, melihat peluang dengan mengubah strategi produksi. Waktu terbit Jawa Pos yang awalnya sore, diubah ke pagi hari. Inovasi ini yang secara signifikan meningkatkan jumlah pembaca dan omzet koran.

Menyelamatkan Bisnis dari Ambang Kebangkrutan, Jadi Punya Ratusan Cabang

Inovasi Dahlan tidak hanya soal waktu produksi, tapi strategi marketing juga. Dahlan mengubah pola penjualan termasuk salesnya.

Dalam waktu singkat, dari yang oplahnya hanya 6.800 menjadi 40.000 eksemplar, lalu menjadi 300.000 per hari dengan omzet mencapai 38,6 milyar.

Kesuksesan ini menarik perhatian banyak pihak dan menjadikan Jawa Pos sebagai surat kabar terbesar di Indonesia. 

Doc. Dahlan Iskan dan Para Pembicara Sekolah CEO

Dahlan Iskan terkenal dengan inovasi tanpa henti dan keberanian mengambil risiko. Dia tidak hanya fokus pada satu sektor bisnis, tetapi juga melakukan diversifikasi.

Dahlan membentuk Jawa Pos News Network (JPNN), yang menguasai 190 surat kabar, tabloid, dan majalah serta 40 percetakan di seluruh Indonesia. 

Tak hanya itu, Dahlan juga mendirikan 34 stasiun televisi lokal dan terjun ke bisnis real estate dan perusahaan listrik. Diversifikasi ini membuat perusahaan lebih tahan banting terhadap fluktuasi pasar di satu sektor tertentu.

Pemimpin yang Mengubah Nasib Masyarakat Lebih Baik

Tidak hanya di bisnis, kepemimpinan Dahlan yang inovatif dan penuh keberanian juga terlihat saat dia ditunjuk oleh presiden sebagai Direktur Utama PLN dan Menteri BUMN.

Di PLN, ia memulai program bebas mati lampu selama enam bulan dan berhasil membangun PLTS di 100 pulau pada 2011. 

Sebagai Menteri BUMN, Dahlan melakukan reformasi besar-besaran untuk membersihkan korupsi dan meningkatkan efisiensi perusahaan milik negara. Sikapnya yang jujur ini melekat dengannya hingga saat ini.  

Menjadi Mentor bagi Jutaan UMKM di Indonesia

Dengan segala pencapaiannya selama puluhan tahun, Dahlan kini menjadi sosok panutan dan mentor bagi banyak pengusaha muda.

Pengalamannya yang kaya dan berbagai strategi bisnis yang sukses menjadikan dia sumber inspirasi yang tak ternilai. 

Doc. Dahlan Iskan di Sekolah CEO 

Di tengah jadwalnya yang padat, Dahlan Iskan masih menyempatkan berbagi ilmunya di Sekolah CEO bersama Bisnishack. Dia ingin memberikan kesempatan bagi para pengusaha UMKM untuk belajar langsung, bagaimana menjadi pengusaha yang bisa memenangkan bisnis secara jujur dan cerdas.

Sekolah CEO X Bisnishack 

Jangan lewatkan kesempatan emas ini! Bergabunglah sekarang dan bawa bisnis Anda ke level berikutnya dengan pengetahuan dari seorang maestro bisnis seperti Dahlan Iskan!

Gabung di Sekolah CEO X Dahlan Iskan. Info selengkapnya hubungi kontak di bawah ini.

vvvv

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES