Bisnis  

Pertumbuhan Permintaan Pengawas Berlisensi API 653: Pasar dan Prospeknya

Pertumbuhan Permintaan Pengawas Berlisensi API 653: Pasar dan Prospeknya

Dalam dunia industri minyak dan gas, Standar API 653 berfungsi sebagai pedoman penting yang mengatur pemeliharaan, inspeksi, perbaikan, dan rekonstruksi tangki penyimpanan (Aboveground Storage Tank) serta tangki penukar panas berlapis (Spherical Storage Tanks).

Dalam dunia industri minyak dan gas, Standar API 653 berfungsi sebagai pedoman penting yang mengatur pemeliharaan, inspeksi, perbaikan, dan rekonstruksi tangki penyimpanan (Aboveground Storage Tank) serta tangki penukar panas berlapis (Spherical Storage Tanks).

Diterbitkan oleh American Petroleum Institute (API), standar ini memainkan peran utama dalam menjaga integritas dan keamanan fasilitas yang berperan krusial dalam penyimpanan dan distribusi bahan bakar dan cairan yang sangat penting. Di tengah perkembangan yang terus berlangsung, pengetahuan dan implementasi API 653 menjadi faktor kunci dalam menjaga kelangsungan operasi industri minyak dan gas.

API 653 menjadi salah satu standar yang sangat ditekankan dalam ranah API karena fokusnya yang mendalam pada pemeliharaan dan inspeksi tangki penyimpanan. Standar ini memberikan penekanan pada integritas struktural, keamanan operasional, dan keberlanjutan sistem yang terkait. Karenanya, permintaan terhadap pengawas/pemeriksa yang memiliki sertifikasi API 653 pun semakin meningkat.

Berdasarkan data dari API, ada sekitar 100.000 tenaga ahli yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti proses sertifikasi API 653 dalam 6 tahun terakhir. Hal ini didukung oleh fakta bahwa pengawas bersertifikat API 653 memiliki peran krusial dalam memastikan keamanan, kualitas, dan keutuhan tangki penyimpanan.

Sejalan dengan pengetatan standar dan kepatuhan regulasi yang semakin ketat, perusahaan-perusahaan mengakui pentingnya kehadiran pengawas/pemeriksa yang terlatih dan berkompeten dalam menerapkan praktik inspeksi yang sesuai dengan panduan API 653.

Peter, sebagai Head of Business Development dari PetroSync, mengungkapkan fakta menarik di lapangan, “Saat ini permintaan terhadap API 653 training di PetroSync memang sedang naik pesat. Tidak hanya yang perseorangan, untuk in-house training berisi 10-30 orang pun kita sering arrange dan sisipkan di tengah jadwal yang padat agar bisa provide semua klien kita.”

Permintaan yang meningkat ini sejalan dengan perubahan dinamika industri yang semakin kompleks dan tuntutan akan kepatuhan yang lebih ketat terhadap regulasi. Sebagai penyedia pelatihan yang berpusat di Singapura, PetroSync berkomitmen untuk memberikan pelatihan API 653 yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Lebih jauh, Peter menambahkan, “Kami terus berupaya untuk mendukung para profesional di industri ini, harapannya mereka bisa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan oleh market dengan skill praktik dan pemahaman yang mumpuni.”

Tingginya permintaan akan pengawas dengan pengetahuan dan keterampilan API 653 mencerminkan komitmen industri, baik pihak perusahaan, manufaktur, hingga pemerintahan dalam menjaga operasi yang aman, efisien, dan berkelanjutan. Dengan demikian, pengawas dengan sertifikasi ini menjadi aset berharga dalam menjaga kualitas dan integritas operasi industri perminyakan dan gas.

Petrosync didirikan di Singapura pada tahun 2010 dan memulai ekspansinya ke Indonesia semenjak 2012. Hingga kini, PetroSync telah menjadi perusahaan pelatihan minyak dan gas terkemuka dengan instruktur Internasional bersertifikat resmi seperti API, ASME, CMRP, dan lain sebagainya.

Name: PetroSync Global International
Phone number: +6531590800
Email address: general@petrosync.com

vvvv

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES