Berita  

SMPN 6 Bondowoso Mengadakan Duta Literasi Bersama Mahasiswa Kampus Mengajar Batch 6

Bondowoso, SIGAP88.NET – Rabu, 6 September 2023, untuk pertama kalinya dilaksanakan Pemilihan DUTA LITERASI dan DUTA SSK (Sekolah Siaga Kependudukan) SMP NEGERI 6 BONDOWOSO 2023 yang merupakan program kerja Kampus Mengajar Angkatan 6 dengan tema “Peran Remaja dalam Mewujudkan Generasi Emas Melalui Gerakan Literasi dan Kependudukan”.

Menurut Permendikbud 23 Tahun 2015, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah gerakan literasi di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan bagian dari Gerakan Literasi Nasional. Adapun contoh program yang digalakkan oleh Gerakan Literasi Sekolah (GLS), antara lain pemilihan Duta Literasi Sekolah, Lomba Pojok Baca setiap kelas, mengadakan bazar dan bedah buku, membaca 15 menit setiap hari sebelum pelajaran dimulai. Sedangkan, untuk Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah suatu program dimana sekolah mengintegrasikan pendidikan kependudukan serta program pemerintah “Keluarga Berencana” ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi.

Terobosan baru dalam dunia pendidikan di SMP NEGERI 6 BONDOWOSO ini tak lepas dari peran mahasiswa Kampus Mengajar sebagai inisiator program dan dukungan yang positif dari orang tua/wali murid, jajaran dewan guru, Kepala Sekolah yakni Ibu Sri Wilujeng, S.Pd.,beserta Dosen Pembimbing Lapangan yakni Ibu Himmatul Khasanah, S.Pt., M.Si. Hal ini sesuai dengan slogan Kampus Mengajar yakni #BelajarSambilBerdampak.

BACA JUGA :  Sekda Kota Pangkalpinang Menghadiri Peringatan Maulid Nabi 2022

Adapun tahapan kegiatan ini diawali dengan pendaftaran, seleksi wawancara, karantina, dan diakhiri grand final. Pada karantina yang dilaksanakan selama 4 hari ini terdapat beberapa materi yang dibekali kepada finalis Duta Literasi dan Duta SSK, yakni Attitude Class, Modelling Class, Public Speaking Class, dan Personality Development.

BACA JUGA :  Walikota Pangkalpinang Meresmikan Outlet Burger Bangor

Output yang diharapkan dari kegiatan Pemilihan Duta Literasi dan Duta SSK ini adalah menghasilkan putra putri perwakilan sekolah yang mampu menjadi role model bagi teman-temannya dalam upaya meningkatkan budaya literasi sekolah, menumbuhkan minat baca dan tulis para siswa di Kabupaten Bondowoso khususnya di SMP NEGERI 6 BONDOWOSO, serta dapat meningkatkan kualitas siswa pada bidang kependudukan dan siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

BACA JUGA :  Kontroversi, Anggota Komite SDN 01 Muktiharjo Tanyakan Uang Lapak Yang Tidak Jelas

Penulis : Fikri Ahmad Mudhaffar