Berita  

Masyarakat Padati Haul Mbah Brojoseti ” 26 Seni Budaya Tampil”

PATI, SIGAP88.NET – Sejarah mbah brojoseti singo barong merupakan cikal bakal berdiri nya Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah” lanjut, kata “Dukuhseti”  makna diambil dari nama Mbah Brojo Seti adalah seorang waliyullah murid KH Ahmad Mutamakkin Kajen.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bahwa mbah brojoseti singo barong memiliki karomah yang hebat atas izin Allah dan ia  juga sempat mengusir Ki Gede Tualang, seorang siluman yang bisa berwujud apa pun.

Nama Ki Gede Tualang, diambil dari kata “Watu Malang”, yaitu batu yang miring, karena siluman tersebut suka berubah menjadi batu di sawah tualang, yang saat ini sawah di sebelah barat Desa Dukuhseti diberi nama Sawah Tualang.

BACA JUGA :  Pansus DPRD Babel 'Kantongi' Informasi Teknis Berharga Terkait Mekanisme Perubahan Status PT. Jamkrida Ke Perseroda dari Prov Jabar.

Haul Mbah Brojo Seti selalu diperingati masyarakat dengan berbagai kegiatan. “mulai dari tahlil umum, manaqiban, berjanjen, pengajian akbar, tahtimul quran hingga karnaval akbar yang dilakukan para warga sekitar.

Dilokasi acara tersebut, Kepala Desa Dukuhseti Dr. Ahmad Rifa’i S.H, MH menyebut, untuk kegiatan acara haul mbah brojoseti singo barong ini, memang setiap tahun pasti dirayakan begitu meriah oleh semua rt/ rw, tokoh masyarakat, tokoh agama  dan pemerintah Desa.

Hal ini merupakan uri – uri adat jawa dan menghormati cikal bakal sesepuh Desa.” tak lupa, puji syukur kami kepada yang maha kuasa atas niscaya, rahmat dan hasil bumi melimpah ruah.

BACA JUGA :  Upaya Mengatasi Pengelolaan Sampah Yang Lebih Optimal, Dinas PUTR Sumenep Gelar Bintek

Bisa kita lihat sekarang, ada berbagai seni budaya karnaval yang memeriahkan haul mbah brojoseti singo barong terutama 26 peserta menunjukan karya seni seperti memaki baju adat jawa dan tampilannya juga menjadi perhatian para pengunjung.

Rasa penasaran akhirnya muncul, ketika muda- mudi desa yang menawan dan paras cantik menghiasi sepanjang jalan acara haul mbah brojoseti singo barong”, kata Dr. Ahmad Rifa’i S.H, M. H saat diwawancarai awak media dilokasi tempat acara, Minggu (1/10/23).

Ketua BPD Desa Dukuhseti Rofik menambahkan, semoga di tahun depan acara haul mbah brojoseti singo barong bisa lebih hits kembali, menjadi garda depan icon utama terkait melestarikan adat istiadat cikal bakal sesepuh Desa.

BACA JUGA :  Gokillll,,,! Hari Ibu ke 94, KaBapas Kelas II Pamekasan Prank Petugas

“Memang uri – uri ada jawa diharuskan untuk dihormati dan dimeriahkan, biar anak cucu kita nanti paham arti budaya leluhur yang perlu diingat selalu.

Lebih lanjut, Rofik juga mengucapkan rasa terima kasih kepada para panitia haul mbah brojoseti singo barong dan Kepala Desa Dukuhseti yang telah mensuport kegiatan ini sampai acara selesai berjalan aman dan kondusif”, tutup Ketua BPD Dukuhseti.(@Gus Kliwir).