Berita  

Kerusakan Lingkungan Akibat Galian C di Desa Dharma Camplong, Disorot Keras Aktivis Sampang

Sampang, SIGAP88.NET – Kerusakan lingkungan akibat maraknya Galian C makin nampak di depan mata, tapi sayangnya tidak ada yang perduli dengan ancaman ekologis tersebut.

Jika tidak segera diatasi kerusakan lingkungan akibat aktifitas Galian C yang diduga dilakukan Ilegal di Desa Dharma Camplong Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Jawa Timur bakal semakin parah, Senin (17/7/2023).

Ketua Gerakan Aktifis, Remaja Bela Negara GAS REM BLONG Kabupaten Sampang, Ahmad Buntes menyoroti Aktivitas pertambangan Galian C yang berada dilokasi di Desa Dharma Camplong tersebut. Pasalnya aktivitas pertambangan dapat mengakibatkan kerusakan ekologis seperti tanah longsor, erosi serta merusak fasilitas daerah seperti jalan di perdesaan.

“Dengan terus beroperasi tambang Galian C yang berada di Desa Dharma Camplong itu dapat membahayakan lingkungan alam, harusnya Pemkab Sampang bertindak dan bersikap terkait ulah pengelola Galian C tersebut,” kata buntes.

Secepatnya kajian perihal galian C Dharma Camplong akan dilimpahkan kepada APH
“secepatnya kami Gerakan Aktifis, Remaja Bela Negara GAS REM BLONG masih mempelajari detail bekas galian, kedalaman galian serta luas lahan galian yang diduga sudah menyalahi aturan, juga kami masih mematangkan kordinasi dengan warga terdampak lewat pernyataan langsung ataupun tertulis, sedangkan kajian dampak kerusakan lingkungan sudah kami lengkapi baik berupa dokumentasi baik berupa infrastruktur atau polusi udara yang disebabkan oleh debu debu galian tersebut,” papar Buntes.

Dari pantauan awak media saat ke lokasi, terdapat beberapa kubangan cukup yang cukup dalam serta tidak dilakukan reklamasi pasca tambang meskipun sudah membuka lahan galian baru. Selain membuat pencemaran lingkungan akibat debu-debu jalan yang berterbangan ketika dilewati Dum Truck yang Tampa penutup, hingga sepanjang jalan Jambu Air Dharma Camplong menjadi rusak. Bagaimana tidak, truk pengangkut material yang digunakan berkapasitas besar.

Salah satu warga Desa Dharma Camplong yang tidak mau namanya di publish, mengatakan bahwasaannya selama ini tidak ada kompensasi bagi warga yang terdampak Galian C tersebut, sebagaimana yang diberitakan di salah satu media, baru-baru ini.

Sedangkan H.Adim Pemilik galian C ketika kami konformasi, namun tidak ada tanggapan, meskipun tanda baca sudah centang Biru.(Har)