Berita  

Independensi Penyelenggara Pemilu Ternodai, Oknum PPK Binakal Terindikasi Main Mata

Bondowoso, SIGAP88.NET – Terjadi hal menarik dalam proses rekapitulasi Kecamatan khususnya di Kecamatan Binakal dimana telah diduga terjadinya penggelembungan suara yang terjadi pada saat rapat pleno berlangsung Senin malam (18 Februari 2024).

Hal tersebut terjadi di dua Desa yang terdiri dari Desa Gading Sari TPS 1.2.3 dan Desa Jeruk SokSok TPS 4.6.7.8.9.10.

Hal tersebut menimbulkan keberatan dari Caleg PKB Miftahul Huda dan Samsul Tahar yang sangat keberatan dengan adanya dugaan kasus penggelembungan suara yang dilakukan oleh oknum petugas PPK kecamatan Binakal.

BACA JUGA :  Ribuan Peserta Gowes, Peringati 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi

Kedua caleg tersebut pada saat menemui oknum tersebut di kantor Panwas Kecamatan Binakal meminta untuk mengembalikan hak suara mereka, namun “E” yang pada saat itu sebagai petugas teknis PPK mengatakan dengan jelas bahwa, “Suara tersebut tidak bisa langsung di kembalikan begitu saja karena sudah masuk ke KPU namun bisa dilakukan nanti pada saat rekap kabupaten,” jelasnya.

Sementara Miftahul Huda sebagai salah satu Caleg yang merasa dirugikan atas perbuatan oknum PPK Binakal tersebut akan menindak lanjuti dan melaporkan ke Bawaslu sesuai undang undang KPU yang berlaku karena Pelanggaran ini masif dan sangat layak untuk dilaporkan, tegas Miftah.

BACA JUGA :  Bhakti Sosial di Bulan Ramadhan, Polsek Larangan Berikan Sembako

“Penggelembungan suara bukan hanya terjadi di satu TPS saja akan tetapi ada 9 TPS yang sedang di mainkan sesuai barang bukti yang sudah kami kumpulkan bahwa perbuatan tersebut diduga memang ada unsur kesengajaan penggelembungan perolehan suara yang sangat merugikan saya selaku Caleg,” jelas Miftah.

BACA JUGA :  Upaya Lapas Narkotika Kelas II A Pamekasan Sebagai Pilot Projects Pelayanan Kesehatan

Lebih lanjut Miftah juga menjelaskan modus permainan Oknum PPK Binakal tersebut, “Sebelumnya suara caleg nomor empat dari PKB dibawahnya caleg nomor satu,”

“Tapi saat ini langsung melambung tinggi melebihi suara nomor caleg nomor satu. Dan modus yang dipakai oleh oknum PPK Binakal dengan merolling suara caleg nomor dua dipindah atau dirolling ke caleg nomor empat kurang lebih 137 suara,” jelas Miftah kepada Media Wartawan Sigap88.

Penulis : Iwan