Berita  

HUT RI ke 78, Kec. Jambesari Darusholah Gelar Festival Mendongeng Tingkat Anak Usia Dini

Bondowoso, SIGAP88.NET – Dalam rangka peringatan hari ulang tahun republik indonesia ke 78 tahun, pihak kecamatan Jambesari Darusholah gelar puncak festival mendongeng kepada anak usia dini, di pendopo kecamatan setempat pada Sabtu, (12/08/2023).

Diketahui, gelar puncak kompetisi dalam program Gerakan Mendongeng Kepada Anak (Gendonagan) kali ini, terselenggara dari beberapa minggu yang lalu dan diikuti puluhan peserta dari berbagai lapisan masyarakat juga sekolah PAUD.

Adapun segenap peserta mendongeng tersebut, tersleksi menjadi 12 kandidat hingga, memunculkan pemenang festival mendongeng.

Dalam sambutannya, Camat Jambesari Darusholah, Zainur Ridho mengatakan jika budaya mendongen positif ini, perlu dilestarikan untuk mencetak mindset generasi bangsa sejak usia dini.

BACA JUGA :  Ayah Kejam Bunuh Anak, Sekjen Rumah PPAI Minta Kasatreskrim Polresta Pati Hukum Pelaku Seberat-Beratnya

Dirinya juga mengajak kepada masyarakat luas utamanya di wilayah Jambesari, untuk menyusupkan karakter anak dengan cara mendongeng dengan cerita positif.

“Mendongeng ini cukup efektif mencetak karakter positif anak dari pada membiarkan imajinasinya berkolaborasi dengan tekhnologi semacam android yang efeknya sangat diragukan,” jelasnya.

Zainur Ridho juga menyebut jika, karakter bangsa sangat ditentukan mulai dari karakter generasinya yang salah satunya mendongeng ini menjadi acuan penerapan.

“Untuk itu, kedepan kami upayakan program gendongan ini lebih dioptimalkan dan kami berharap, ada suport lebih maksimal lagi dari semua lapisan utamanya Pemerintah di atas kami,” harapnya.

BACA JUGA :  Kerusakan Lingkungan Akibat Galian C di Desa Dharma Camplong, Disorot Keras Aktivis Sampang

Sementara dijelaskan Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bondowoso, Achmad Syaihu, jika program Gendongan kali ini, merupakan program yang bernaung dapam aturan Perbup sejak tahun anggaran 2021 silam.

“Di tahun 2023 ini, ada lima kecamatan yang kami libatkan salah satunya di Jambesari ini. Adapun anggarannya, hanya Rp. 25 juta rupiah,” katanya.

Meski demikian, ditengah keterbatasan anggaran, Achmad Syaihu berharap semua lapisan utamanya masyarakat, dapat ketuk tular untuk bisa mencetak karakter baik dengan salah satunya mendongeng untuk anak.

BACA JUGA :  Peta Dukungan Relawan Prabowo - Gibran di Bondowoso Semakin Solid, Ketua DPC Bara Nusa Harapkan Relawan Lainnya Bisa Segera Bergabung

“Semoga ke depan, program dasar pencetak karakter bangsa dari usia dini ini, dapat lebih optimal dengan suport dari semua lapisan Pemerintah dan masyarakat pada umumnya,” pungkas Achmad Syaihu

Untuk diketahui kegiatan ini juga dihadiri pihak by suport dari Bank Jatim / Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bondowoso sebagai juri festival/ bunda literasi dari PKK Pemkab Bondowoso dandari segenap peserta juga tamu undangan lain.

PENULIS ( HAMID. 88. )