Berita  

Bang Zul Gelar Sosialisasi Publik Tentang UMKM Digital di Kabupaten Situbondo

SITUBONDO, SIGAP88.NET – Zulfikar Arse Sadikin, S.Ip., M.Si., atau lebih dikenal dengan sebutan Bang Zul bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember kembali menggelar Diskusi Publik tentang Digitalisasi UMKM, pada hari Selasa, 24 Oktober 2023 kemaren.

Diskusi yang dilaksanakan di Auditorium Lotus ed Hotel, Jl. Gunung Arjuno no.17, Kecamatan Panji, Situbondo kali ini mengambil tema ‘Digitalisasi UMKM dalam meningkatkan akses dan menjaga stabilisasi harga di Kabupaten Situbondo’.Rabu ( 25/10/2023 )

Bertindak sebagai pemateri, Claresta Islamey selaku delegasi dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember. Ia adalah Junior Analyst on Payment System Policy Implementation Function at Central Bank of Indonesia (Analis Junior Fungsi Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran pada Bank Indonesia).

BACA JUGA :  Alumni Ponpes Darul Ulum Banyuanyar Gelar Serasehan

Claresta Islamey memaparkan, pertama: dalam upaya memajukan UMKM perlu disusun sebuah strategi, pertama dengan mengidentifikasi melingkupi Mapping UMKM dan Mapping Wilayah. Berikutnya dikembangkan Korporatisasinya (Proses Transformasi Perusahaan Dari Personal Menjadi Korporasi) dengan memberikan penguatan pada lembaga.

Kedua, kapasitas dengan menguatkan Usaha dan Sumberdaya Manusia yang menjadi pengelolaan. Dan yang ketiga adalah menyediakan akses pembiayaan agar UMKM lebih mudah dalam mengembangkan usahanya.

BACA JUGA :  300 Paket Sembako Dibagikan Warga, Satlantas Polresta Pati Peduli Sesama

“Proses Bisnis yang perlu dibangun terdiri dari Replikasi, Ekosistem dan Infrastruktur pendukung, Pilot Project, Model Bisnis, Sinergi dan Kemitraan serta membangun data yang terintegrasi,” papar wanita muda enerjik itu.

Dalam pada itu, Bang Zul menyatakan bahwa ia sudah sering membawa mitra kerjanya (Bang Indonesia) hadir dan memberikan edukasi kepada masyarakat Situbondo, khususnya kalangan UMKM.

“Saya berharap UMKM di Kabupaten Situbondo makin berkembang dan maju sehingga ekonomi Situbondo menjadi lebih kuat, kesejahteraan masyarakat terpenuhi,” ujar anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan Jawa Timur 3 (Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi).

BACA JUGA :  Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Kotakan Situbondo Akhirnya Berhasil Diamankan

Sedikitnya tercatat 136 peserta menghadiri acara Diskusi Publik itu. Mereka adalah perwakilan dari pelaku UMKM se-Kabupaten Situbondo.

Bang Zul juga memberikan bingkisan sembako kepada beberapa peserta yang terpantau aktif dalam diskusi tersebut. Mereka aktif dalam bertanya, memberikan usulan dan hal lainnya selama berlangsungnya diskusi. Setelah keseluruhan rangkaian acara, diskusi ditutup dengan lantunan lagu-lagu dari Grup Musik Mahardika.

Dyt